Headline

  • Kongres IMABA 2
  • Rapat IMABA di Arek Lancor
  • Cangkruk, Bro....!
  • Ngumpul lagi, Man....!

Followers

Sejarah Singkat & Perkembangan PP. Mambaul Ulum Bata-Bata



Sejarah panjang sudah dilalui oleh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. yang didirikan sebelum deklarasi kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya pada tahun 1943 M. dan termasuk dari salah satu pesantren tertua di Pulau Madura.
dimulai dari masa RKH. Abd. Madjid sampai pada periode RKH. Abd. Hamid AMZ [sekarang] selalu eksist dan terus berkembang dan mencetak santri dan alumni yang berobot dan berkualitas serta bertanggung jawab.

Berikut sejarah singkat dan perkembangannya;

1. Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata didirikan oleh RKH Abd Majid bin Abd Hamid Bin RKH. Istbat Banyuanyar pada Tahun 1943 M./1363 H.

2. Kepemimpinan RKH. Abd. Majid berlangsung selama 14 Tahun terhitung mulai berdirinya Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata sampai dengan Tahun 1957 M. saat beliau wafat pada tanggal 6 Syawal 1364, dengan meninggalkan santri sebanyak 700 orang.

3. Selama dua tahun (1957-1959) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata mengalami kekosongan pemimpin karena pada saat itu, putra pengasuh pertama RKH. Abd. Qodir masih menempuh pendidikan di Tanah Suci Makkah Dan menantu beliau RKH. Ahmad Mahfud Zayyadi (Ayahanda RKH. Abd. Hamid pengasuh sekaran) sudah menetap di Pondok Pesantren Nurul Abror Alas Buluh Banyuangi, oleh karena itu, untuk mengisi kekosongan RKH. Abd. Hamid Bakir, (Putra RKH. Abd. Majid yang pada waktu itu memegang tampuk pimpinan Pondok Pesantren Bnyu Anyar) pulang pergi Banyu Anyar Bata-Bata untuk memberikan pembinaan pada dua pondok pesantren secara bersamaan.

4. Pada tahun 1959 RKH. Abd. Qodir pulang ketanah air untuk melanjutkan kepemimpinan di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, akan tetapi kepemimpinan beliau tidak berlangsung lama karena takdir berkehendak untuk menjemput beliau menghadap Allah SWT. tepatnya pada tanggal 5 Agustus 1959.

5. Untuk melanjutkan estapet kepemimpinan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, keluarga besar pesantren meminta kesudian RKH. Ahmad Mahfudz Zayyadi untuk kembali ke Bata-Bata serta menyerahkan tampuk pempinan Pondok Pesantren kepada beliau yang sudah 12 tahun bermukim di Banyuangi.

6. Selama kepemimpinan RKH. Ahmad Mahfudz Zayyadi, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata mengalami kemajuan cukup pesat, baik dari jumlah santri, manajemen kepesantrenan maupun manajemen kependidikan, hal ini terbukti, pada tahun 1962 M. beliau mendirikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), pada tahun 1970 M. beliau mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) dan pada tahun 1977 M. beliau mendirikan Madrasah Aliyah (MA).

7. Kepemimpinan RKH. Ahmad Mahfudz Zayyadi berlangsung selama + 26 Tahun (1959-1986M.) beliau wafat pada tanggal 12 Ramadhan 1407 H./1986.
8. Kepemimpinan berikutnya (1987-sekarang) dilanjutkan oleh RKH. Abd. Hamid AM. Dimana sebelum memimpin Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata beliau sempat menimba ilmu di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, dan melanjutkan ke Tanah Suci Makkah selama 12 tahun dibawah bimbingan Syaikh Ismail Bin Zain Al-Yamani.


“Kesopanan Lebih Tinggi Nilainya Dari Pada Kecerdasan”
“Santreh Mon Terro Alèmmah Jek Papegge Wudhu”

13 komentar:

Abdullah Blogspot mengatakan...

semoga jaya selalu

IMABA PAMEKASAN mengatakan...

Amien....

Mujibur Rohman mengatakan...

Ass.. slm kgn pd smua tmn2 IMABA PAMEKASAN. sjarah ini sgt brmanfat bg smua santri dan alumni bata2, terutama saya. mksih smuax. mg bata2 dan IMABA smakin eksis dlm myebarkn agama islam

Mujibur Rohman mengatakan...

tlog blog ini dikasih ShoutMix agar kit bisa saling silaturrahmi. jgn lupa ya....! JAYA SELALU IKATAN MAHASISWA BATA-BATA. AMIN...

Mudatsir mengatakan...

Silaturrahmi harus terjaga. Btw... aku jg masuk IMABA gak ya...? Coz... Aku gak pernah daftar...

izzat mengatakan...

asalamu alaikum...
alhamdulillah. semoga dengan adanya blog ini silaturrahmi kita-santri bata2- tetap terjaga, terutama bagi bagi yang telah keluar dari pondok.
oya... bagi teman-teman alumni, silahkan gabung di facebook ; muba_comunity
salam kenal dari saya....
izzat.mg@gmail.com

lutfi481 mengatakan...

semoga bata-bata semakin sukses selalu

jarkom imaba mengatakan...

mantaaaaaaaaaaaaab

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum...
salam bata-bata,
beremmah kaberreh tretan...
alhamdulillah, akhirnya kita bisa berjumpa meski hanya lewat dunia "paling maya",
sakam kenal, buat yang belum tahu
salam ta'dzim buat yang merasa lebih tua,
salam "roco" buat semuanya...
mustafa afif

ubay mengatakan...

assalamualaikum kepada seluruh teman-temen IMABA...!
kenapa imaba di jogja macet, gimana supaya imaba jogja berjalan lagi. carikan solusi doooong....! biar ikatan ini + baik+ lancar.....

Anonim mengatakan...

mohon di muat tentang artikel yang berisi sejarah PP Banyaunyar, beserta silsilah dan Zuriat RKH Isbath, agar semua orang / santri yang memiliki silsilah keilmuan dari PP Banyuanyar dan PP Bata-bata dapat mengenal lebih dekat lagi. Terimakasih

ABDUL mengatakan...

syukron katsira kepada segenap jajaran pengurus PP. Mambaul Ulum Bata-bata, atas tersedianya data tentang profile PP. Mambaul Ulum Bata-Bata ini. semoga bagi Ana pribadi menjadi data awal dalam penyelesaian penelitian yang akan di ajukan pada tahun ini, dalam konteks TRANSFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN MADURA. Mohon Do'a Restunya. Amin..!

hujjetul islam mengatakan...

semoga saja kedepan bata-bata...akan menjadi yang terbaik dan terindah.....alias khusnul khotimah

Poskan Komentar